Functional Area
1. Bidang Fungsional bersifat interdependensi,Setiap bidang fungsional membutuhkan datadari bidang fungsional yang lain.
2. Integrasi yang lebih baik dari bidang fungsional mengarah pada peningkatan komunikasi, alur kerja, dan keberhasilan perusahaan.
3. Information system (IS): termasuk komputer, orang, prosedur, dan perangkat lunak yang menyimpan, mengatur, dan memberikan informasi.
Functional Areas of Operation

pada umum nya perusahaan memiliki 4 area yaitu:
1. Marketing and Sales
Functions of Marketing and Sales
– Mengembangkan produk
– Menentukan harga
– Mempromosikan produk ke customer
– Menangani pesanan customer
– Membantu membuat prediksi penjualan (sales forecasts)
Pekerjaan Marketing and Sales untuk industri minuman ringan
– Recordkeeping formal tidak diperlukan
– Perlu memantau pelanggan
– Pengembangan produk dapat dilakukan secara informal
– Pelanggan tetap yang baik dipungut biaya pembelian-sampai titik tertentu (diskon)
Input Marketing and Sales
– Data pelanggan (Customer data)
– Data pesanan (Order data)
– Trend data penjualan (Sales trend data)
– Harga per unit (Per-unit cost)
– Kebijakan biaya pengiriman perusahaan (Travel expense company policy)
Outputs for Marketing and Sales
– Strategi penjualan (Sales strategies)
– Harga produk (Product pricing)
– Kebutuhan pegawai (Employment needs)
2. Supply Chain Management
Functions dalam Supply Chain Management :
– Pembuatan minuman/produk (manufacturing/production)
– Membeli bahan baku (purchasing)
Produksi mem-planning kebutuhan prediksi sales dari bidang fungsional M/S
– Sales forecasts: Analisis yang mencoba untuk memprediksi penjualan masa depan produk
Rencana produksi digunakan untuk membuat kebutuhan bahan baku dan pengemasan :
– Bahan baku : botol spring water, lemon segar, pemanis buatan, gula mentah
– Pengemasan : kardus, sedotan, isolasi
Inputs SCM
–Data penjualan produk (Product sales data)
–Rencana produksi (Production plans)
–Level persediaan (Inventory levels)
–Kebijakan pemberhentian dan pemanggilan perusahaan (Layoff and recall company policy)
Outputs SCM
–Pesananbahan baku (Raw material orders)
–Kemasan pesanan (Packaging orders)
–Data pembelanjaan sumber daya (Resource expenditure data)
–Laporan produksi dan persediaan (Production and inventory reports)
–Informasi perekrutan pegawai (Hiring information)
3. Accounting and Finance
Functions dalam Accounting and Finance
– Pencatatan data mentah mengenai transaksi (termasuk penjualan), pembelian bahan baku, gaji, dan penerimaan kas dari pelanggan
Data mentah (Raw data): Angka yang dikumpulkan dari operasi tersebut, tanpa manipulasi, perhitungan, atau pengaturan penyajian.
Data dari Accounting/Finance digunakan oleh Marketing/Sales dan Supply Chain Management
Data from Accounting and Finance used by Marketing and Sales and Supply Chain Management
– Catatan penjualan merupakan komponen penting dari prediksi penjualan.
– Prediksi penjualan digunakan dalam membuat keputusan kepegawaian dan perencanaan produksi.
– Catatan dari piutang digunakan untuk memantau semua kebijakan pemberian-kredit industri.
Personil A/F:
– Mencatat transaksi perusahaan dalam pembukuan
– Mencatat hutang ketika bahan baku dibeli dan arus kas keluar ketika mereka membayar untuk bahan
– Meringkas data transaksi untuk mempersiapkan laporan tentang posisi keuangan perusahaan dan profitabilitas.
Orang-orang di bidang fungsional lainnya menyediakan data untuk A/F
– M/S menyediakan data penjualan
– SCM menyediakan data produksi dan persediaan
– HR menyediakan data penggajian dan biaya upah
Input A/F
– Pembayaran dari customer (Payments from customers)
– Data piutang (Accounts receivable data)
– Data hutang (Accounts payable data)
– Data penjualan (Sales data)
– Data produksi dan persediaan (Production and inventory data)
– Data gaji dan belanja (Payroll and expense data)
Output for A/F
– Pembayaran ke supplyer (Payments to suppliers)
– Laporan keuangan (Financial reports)
– Data kredit customer (Customer credit data)
4. Human Resources
HR perlu informasi dari departemen lain
Tugas yang berkaitan dengan perekrutan karyawan, manfaat, pelatihan, dan kewajiban ke pemerintah semua tanggung jawab HR
HR perlu perkiraan yang akurat mengenai kebutuhan personil dari semua unit fungsional
HR perlu mengetahui keterampilan apa yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu dan seberapa besar perusahaan mampu membayar karyawan
Input HR
– Prediksi personil (Personnel forecasts)
– Data keterampilan (Skills data)
Output HR
– Peraturan pemenuhan (Regulation compliance)
– Pelatihan dan sertifikasi karyawan (Employee training and certification)
– Database keterampilan (Skills database)
– Evaluasi dan kompensasi karyawan (Employee evaluation and compensation)
1. Marketing and Sales
Komentar
Posting Komentar